Nulis sak karepku " Menulis sesukaku "

2 February 2008

Koneksi Internet Menggunakan Hand Phone NOKIA CDMA 3125 “daripada” UBUNTU 7.10 Ku

Filed under: Ubuntu — Tags: , , , , — cahsukun @ 6:01 am

Berikut pengalaman yang saya lakukan untuk instalasi penggunaan Hand Phone NOKIA CDMA 3125 sebagai modem

Peralatan yang saya gunakan :

1. CPU “PC” Pentium III RAM 384 MB ( Maap jika menurut anda sudah kuno )
2. Kabel DKU-5 [ Pada kardusnya ada tulisannya demikian πŸ™‚ ]
3. Hand Phone CDMA NOKIA 3125

Kegiatan yang saya lakukan

1. Install “daripada” GNOME PPP ( jika belum terinstall )
2. Pasang “daripada” kabel DKU-5 ke Hand Phone dan tancapkan ke USB port
3. Buka “daripada” GNOME PPP Screenshot
4. Pilih menu “daripada” setup GNOME PPP
5. Pada pilihan modem device klik Detect. ( punyaku terdeteksi /dev/ttyUSB0 ) Screenshot
6. Pada Phone options and Init Strings, klik Init Strings…
7. Tulis / isi: Screenshot
Init 2 dengan ATZ
Init 3 dengan AT+CRM=1
Init 4 dengan AT+cso=33
Init 5 dengan ATE0V1
( pengisian “daripada” Init strings dengan cara diklik dua kali pada masing-masing masing init, lalu dienter ) setelah itu di close dan close.
Yang diisikan di Init, maksudnya apa, saya tidak tahu, karena hasil ngogleng ( tanya paman google ), setiap ada setting init modem, saya catat dan saya tuliskan. dan belum saya coba jika hanya satu atau dua init saja yang ditulis, maaf banget masih nyubi.
8. Kembali ke menu GNOME PPP, isi Username dan Password serta Phone number Screenshot
Pilih salah satu, sesuaikan Kartu anda ( berikut kartu yang saya pakai untuk percobaan )
* FREN / Mobile8, Username = m8 dan Password = m8 serta Phone Number = #777
* StarOne, Username = starone dan Password = indosat serta Phone Number = #777
* Telkom Flexi, Username = telkomnet@flexi dan Password = telkom serta Phone Number = #777

9. Klik Connect Screenshot
10. Buka Internet browser Anda dan tulis pada address : http://ubuntu-semarang.org/blog
11. Silahkan gabung di Komunitas Ubuntu Semarang

11 Comments »

  1. Thanks tutornya keren :p

    Comment by Ahmy — 5 February 2008 @ 12:58 pm

  2. Thanks buat infonya… sayang, blum sempet aku praktekin. Kendala cuma pada hp saya… masih ga support pake kabel data (nokia 1255)

    Comment by immux — 9 February 2008 @ 5:04 pm

  3. hallo bro…
    gw jg mau nih akses pake 3125, masalahnya kok gak pernah berhasil ya? apanya yg kurang waktu instalasi? oh ya…saya pake fren…tolong dong bantu gw. apa emang dku5 nya kudu ori ya? ngomong2 klo u emang anak sukun….tetanggan ma gw donk hehehe…pls help me!!!

    Comment by 3ind — 15 February 2008 @ 5:14 am

  4. @3ind

    Saya pake kabel DKU-5 hasil pinjam adik-ku yang harga 50rb, label harga masih nempel πŸ™‚ ,dg kardus warna putih dan bukan dari NOKIA.
    Saya juga sudah coba pake kabel CA-42 hasil pinjam adik-ku yg satunya lagi πŸ™‚ , juga bisa konek dg proses yg sama.
    Hanya pernah troble saat menggunakan STARONE, Log-nya Gnome-PPP menyatakan kalau username dan passwordnya salah.
    Tapi saat kartu diganti punya teman-ku, bisa konek, artinya masalah ada pada kartu STARONE-ku so aku telp operatornya (111) dan sang operator bilang kalau jalurnya belum dibuka untuk no STARONE-ku yg baru dibeli, dan katanya lagi akan dibantu membuka jalurnya dalam waktu 1 x 24 jam.
    Tolong aku dikasih tahu hasil log-nya, mungkin bisa saya bantu.

    Kartu CDMA Prabayar yang berhasil saya gunakan :
    1. FREN-ku => Sukses, tp pulsa cepet habis
    2.FLEXI-ku => Sukses, dicoba sebentar saja, krn sdh trauma kehabisan pulsa
    3. STARONE – Adikku => Sukses , biaya time base
    4. STARONE – Temanku => Sukses , biaya time base

    Kartu CDMA Prabayar yang belum berhasil saya gunakan :
    1. STARONE-ku => Katanya operator ( 111 ) jalurnya belum dibuka πŸ™‚

    Nuwun
    TJS

    Comment by cahsukun — 15 February 2008 @ 12:05 pm

  5. Waduh mas makasih banget infonya, kalo aku gak pake HP tapi pake modem USB bisa kan? terus tar kalo ada masalah. tar aku kirim hasil lognya. matur nuwun sanget.

    Comment by Kucing — 18 February 2008 @ 5:56 am

  6. gini itu mas lognya

    /home/rio/.wvdial.conf: Ignoring malformed input line: “;Do NOT edit this file by hand!”
    WvDial: WvDial: Internet dialer version 1.56
    WvModem: Cannot get information for serial port.
    WvDial: Initializing modem.
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+CRM=1
    WvDial Modem: AT+CRM=1
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+cso=33
    WvDial Modem: AT+cso=33
    WvDial Modem: ERROR
    WvDial: Bad init string.
    WvModem: Cannot get information for serial port.
    WvDial: Initializing modem.
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+CRM=1
    WvDial Modem: AT+CRM=1
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+cso=33
    WvDial Modem: AT+cso=33
    WvDial Modem: ERROR
    WvDial: Bad init string.
    WvModem: Cannot get information for serial port.
    WvDial: Initializing modem.
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: ATZ
    WvDial Modem: ATZ
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+CRM=1
    WvDial Modem: AT+CRM=1
    WvDial Modem: OK
    WvDial: Sending: AT+cso=33
    WvDial Modem: AT+cso=33
    WvDial Modem: ERROR
    WvDial: Bad init string.

    Comment by Kucing — 18 February 2008 @ 6:02 am

  7. @ Kucing
    Coba deteksi dulu modem anda,
    Ganti Init Strings : AT+cso=33 dengan ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0

    Kalau belum bisa, jika ada bawaan driver dari modem CDMA anda, bisa dilihat pada drivernya, biasanya file dengan extensi .inf ( dot INF ) untuk setting Initialization Stringnya.

    Nuwun
    TJS

    Comment by cahsukun — 18 February 2008 @ 8:15 am

  8. dimana download gnome pppnya bosss ..

    Comment by tiyok — 18 June 2008 @ 6:48 am

  9. Gnome-ppp bisa langsung install lewat Repository Ubuntu yang anda gunakan, baik lewat DVD reposititory ( https://cahsukun.wordpress.com/2008/02/18/memasukkan-dvd-repository
    -dalam-software-sourcenya-ubuntu-710-ku-lewat-synaptic/ ) maupun secara online ( http://wiki.ubuntu-id.org/SourcesListLokal ).

    Comment by cahsukun — 20 June 2008 @ 2:31 am

  10. Hallo semua..q mo tanya number phone dari indosat untuk mengakses internet berapa?tolong di bales ya..thanks very much.

    Comment by Irham — 25 September 2009 @ 3:28 pm

    • 1. Starone
      * User ID : starone
      * Password : indosat
      * Nomor dial : #777
      * extra setting modem : at+crm=1;+cso=33

      2. Indosat Matrix
      * User ID : indosat
      * Password : indosat
      * Nomor dial : *99***1#
      * extra setting modem : at+cqdcont=1,”ip”,”satelindogprs.com”

      3. Indosat IM3
      * User ID : gprs
      * Password : im3
      * Nomor dial :*99***1#
      * extra setting modem : at+cqdcont=1,”ip”,”www.indosat-m3.net”

      Comment by cahsukun — 30 September 2009 @ 4:25 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.