Nulis sak karepku ” Menulis sesukaku “

23 Februari 2011

PROSES PENGHAPUSAN BIAYA TAGIHAN TETAP TELKOM INDONESIA


Berikut pengalaman saya saat proses penghapusan Biaya Tagihan Tetap yang dibebankan oleh PT. Telkom Indonesia di tagihan telp saya.

Biaya Tagihan Tetap mulai ada / masuk di tagihan sejak tagihan bulan Agustus 2010
Proses penghapusan saya ajukan pertama lewat media email pada Sun, 19 Dec 2010 23:29:56 -0800 dan mendapat respon pada Mon, 20 Dec 2010 16:35:19 -0800

Email yang saya kirimkan :
======================
Selamat siang,
Nomor telepon saya xxx-xxxxxxx.
Tagihan Telepon saya tercantum Biaya Tagihan Tetap 65.000;
Juli 2010 = Abonemen 28.700
Agust 2010 = Abonemen 6.314, Biaya Tagihan Tetap 50.700
September 2010 = Biaya Tagihan Tetap 65.000
Oktober 2010 = Biaya Tagihan Tetap 65.000
November 2010 = Biaya Tagihan Tetap 65.000
Desember 2010 = Biaya Tagihan Tetap 65.000
TOLONG bisa dikembalikan ke sedia kala, ABONEMEN.
Saya baru tahu kalau ada tagihan tersebut Desember 2010, karena biasanya yang melakukan pembayaran istri saya.
Apa yang harus saya lakukan supaya Biaya Tagihan Tetap tidak ada lagi dan kembali ke Tagihan yang ABONEMEN.
Rencananya jika tidak bisa kembali ke ABONEMEN, saya akan minta supaya line telepon kami diputus saja.
Atas responnya saya ucapkan terima kasih.
Regards
======================

Respon / balasan dari Customer Care UCS R 04
======================
Terima kasih atas kunjungan Bapak “Nama Saya” di layanan Web In TELKOM.

Berkaitan dengan pertanyaan Bapak yaitu tentang Paket Tagihan Tetap (PTT). Perkenankan kami sampaikan bahwa berdasarkan data kami, nomor telepon Bapak “Nama Saya” telah terdaftar dalam Program Paket Tagihan Tetap Bebas Abonemen Rp. 65.000,- per tanggal 8 Juli 2010. Program tersebut adalah bentuk apresiasi PT.TELKOM kepada pelanggan agar dapat menggunakan pemakaian teleponnya secara maksimal namun dengan tarif yang jauh lebih hemat.

Perkenankan kami informasikan keuntungan Program Paket Tagihan Tetap Rp 65.000,- bagi Bapak “Nama Saya” setiap bulannya sebagai berikut :

1. Membebaskan abonemen bulanan sebesar Rp 28.700,-
2. Memberikan gratis 200 menit atau senilai Rp 24.400,- untuk panggilan lokal ke telepon rumah atau Flexi
3. Memberikan gratis 20 menit atau senilai Rp 25.840,- untuk panggilan SLJJ ke semua Zone SLJJ yang dilakukan kapan saja ke telepon rumah atau flexi.
4. Memberikan harga spesial sebesar Rp.120,- per menit untuk pembicaraan lokal jika melebihi 200 menit.

Dengan pemakaian yang sama, jika kita bandingkan antara reguler (tidak ikut PTT) maka tagihannya sebesar : Rp 28.700 + Rp 24.400 + Rp 25.840,- = Rp. 78.940,- namun dengan Paket Tagihan Tetap hanya cukup membayar Rp 65.000,- sehingga keuntungan/penghematan yang diperoleh sebesar Rp 13.940,- atau sekitar 17,7 % setiap bulannya.

Meskipun demikian program ini bersifat tidak mengikat, artinya Bapak “Nama Saya” dapat migrasikan ke paket yang lebih tinggi ataupun yang lebih rendah sesuai dengan pemakainan teleponnya. Serta dapat pula dilakukan pencabutan dengan menelepon 147 atau berkunjung di Plasa TELKOM terdekat, apabila manfaatnya tidak dirasakan. Namun jika melihat keuntungan yang diperoleh, mohon Bapak berkenan mempertimbangkan untuk mempergunakan program tersebut.

Demikian informasi kami, mohon maaf bila hal ini membuat Bapak “Nama Saya” merasa tidak nyaman.

Salam hormat

“Nama Customer Care”
Customer Care UCS R 04
======================

Satu bulan kemudian, bulan Januari 2011 sebelum tanggal 20-an ada telp dari “Mbak 147″ yang membahas tentang email saya tersebut, dari pembicaraan tersebut saya sampaikan kembali kalau saya minta penghapusan Biaya Tagihan Tetap dan disetujui pertagihan bulan Februari 2011 akan dihapus Biaya Tagihan Tetapnya.
Berganti bulan, masuk bulan Februari 2011 tanggal 19 Februari 2011 meluncur ke salah satu Plasa Telkom terdekat untuk melakukan pembayaran telpon, alhasil Biaya Tagihan Tetap masih tercantum :(
Nanya ke mbak-mbak nya,

Saya bertanya: “kok masih ada Biaya Tagihan Tetap, katanya mulai pembayaran bulan Februari sudah tidak ada”
Mbaknya Plasa Telkom: “Konfirmasinya lewat mana pak?”
Saya jawab : “Dari 147 mbak”
Mbaknya Plasa Telkom: “Tidak bisa pak, bapak harus langsung ke pusat”
Saya jawab : “Oh gitu tow (sambil bengong), makasih mbak”

Alhasil pulang, dengan wajah muram.

Selasa, 22 Februari 2011
Siapkan senjata untuk penghapusan Biaya Tagihan Tetap,
Senjatanya cuma satu : Bukti pembayaran bulan Februari 2011.

Meluncur ke Plasa Telkom pusat.
Setelah sampai, mendapat nomor antrian yang lumayan gedhe, 428.

Menunggu sambil surfing internet gratis yang disediakan Plasa Telkom.
Nomor 428 dipanggil, ketemu dengan mbak-mbak berseragam Orange.

Saya sampaikan tujuan saya ke Plasa Telkom.
Saya : ” Mbak tujuan saya ke sini untuk melamar mbak”(maaf salah ketik)
Saya : “Saya mau hapus Biaya Tagihan Tetap”
Mbak Plasa Telkom : “Sudah bayar untuk bulan ini, pak?”
Saya : “Sudah” (sambil menyerahkan bukti pembayaran)
Mbak Plasa Telkom mencoret-coret bukti pembayaran beberapa saat.
Mbak Plasa Telkom : “Oke pak, ini sudah saya hapus, dan selisihnya akan dipotongkan untuk tagihan bulan Maret 2011″ (sambil menyerahkan bukti pembayaran yang sudah dicoret-coret)
Saya terima bukti pembayaran yang sudah dicoret-coret, wah ternyata coretannya adalah rincian pembayaran bulan Februari dengan Biaya Tagihan Tetap yang sudah tidak dihitung dan ada sisa Rp.35.805, lumayan :)
Mbak Plasa Telkom : ” Ada lagi yang bisa saya bantu pak” sambil melihat saya yang sedang bengong keheranan.
Saya : “Tidak mbak, terima kasih” sambil tersenyum puas ngeloyor keluar Plasa Telkom Pusat.

Tugas saya selanjutnya, Simpan bukti coret-coretan pada Bukti Pembayaran Telepon untuk dicocokan dengan tagihan bulan Maret 2011.

Kesimpulan saya:

  1. 147 bisa memasukkan Biaya Tagihan Tetap ke tagihan telepon tapi 147 tidak bisa menghapus Biaya Tagihan Tetap pada tagihan telepon.
  2. Plasa Telkom cabang tidak bisa menghapus Biaya Tagihan Tetap..
  3. Plasa Telkom Pusat bisa menghapus Biaya Tagihan Tetap.

dari ketiga kesimpulan tersebut kalau dibuat Flow Programing gimana ya?

4 Komentar »

  1. program paket tagihan tetap >dari pihak telkom sangat mebebankan pihak pelanggan >>telkom sendiri mencari pelanggan baru sedangkan pelanggan lama dibiarkan saja >dari paket N 65 gratis bicara lokal 200 menit sma interlokal 20 menit >padahal dari pelanggan bisa menikmati palingan cuma 50 menit trs sisa kena chas>>bilangnya dari 147 gratisannya klo ga hbis dipake bisa diakumulasikan pada bulan berikutnya….tolong dong pihak telkom jangan nyusahin pelanggan >>jgn menipu pelanggan dapat hadiah apa dapat apalah>>pelayanan ditingkatkan jgn asal cari pelanggan baru…..perusahaan telekomunikasi dapat masukan dr speedy >>>telp..pamornya sudah kala sma hp>>lama lama ditinggal sma pelanggan bs2 bangkrut itu telkom ituuu…
    mohon maaf klo aq comentnya kayak gini ..aq sendiri ga mau ada korban selanjutnya..
    meskipun aq sendiri dari pihak obc 147…….

    Komentar oleh alberto gilardino — 18 Januari 2012 @ 4:40 am

  2. Sama, saya juga coba mengajukan pencabutan melalui 147. Jawabannya baik baik baik , tapi tagihan bulan2 selanjutnya tidak ada perubahan.

    Komentar oleh Matt — 16 Maret 2012 @ 3:53 am

  3. Maaf ya agan-agan. Saya sendiri staf/agen TOC yg biasanya ngelakuin rekomendasi unt paket hemat bebas abonemen, sejenis ptt tapi paket 55rb, 45rb, 35rb unt wilayah kalimantan
    Maaf banget, kita juga dituntut unt kejar target.
    Tapi saya sendiri pun ngerasain terbeban, meskipun gitu, saya masih berusaha jujur dan profesional ke pelanggan, kalo pelanggan blg gak minat yah saya ga daftarkan.
    Saya jg berharapnya, telkom ngehapus paket beginian, dan diganti dgn yang lebih seefisien mungkin, jadi ga akan ada yg dirugikan. Pelanggan untung, pengusaha untung, agent toc jg untung.

    Komentar oleh Winda Nuraidha Octaviani — 3 Maret 2013 @ 3:34 pm


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

The Silver is the New Black Theme Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

